Rabu, 14 Juni 2017

Pekerjaan Apa Yang Kamu Incar? #2





Profesional
                  Untuk menjadi seorang profesional seperti dokter, akuntan, pengacara dan profesi lainnya akan lebih sulit dibandingkan menjadi seorang karyawan. Sebab tidak hanya dibutuhkan pendidikan formal yang tinggi tapi juga harus dilengkapi dengan pendidikan profesi yang memadai. Jadi, double ijazah. Artinya double juga biayanya, gitu lho.      

                  Seorang profesional mendapatkan imbalan atas jasa yang diberikannya berupa fee. Semakin spesialis sang profesional, semakin tinggi fee yang bisa dikenakan ke client mereka. Semakin terkenal dan baik reputasinya semakin mahal pula bayarannya.
                  Fee yang diterima profesional merupakan pendapatan aktif, artinya selama ia aktif melayani client maka fee bisa ia kantongi. Sebaliknya, jika karena sakit, atau sedang berlibur yang menyebabkan ia tidak buka praktik, maka fee pun ikut libur.
                  Dengan model penghasilan seperti itu, untuk bisa hidup kaya seorang profesional cukup mudah, mengingat fee yang diterima besar, namun mudah pula untuk jatuh miskin, yaitu saat ia sudah tidak bisa buka praktik.
                  Untuk menyiasati hal itu –sudah tidak praktik tapi masih berpenghasilan, ikuti langkah berikut ini (barangkali nanti kamu jadi seorang profesional):
1.  Gunakan reputasi yang baik untuk menulis buku atau menjadi pembicara dan narasumber dalam berbagai seminar dan talk show.
2. Copikan keahlian ke banyak tempat, lengkapi dengan sistem dan tim yang unggul dan solid dalam sebuah unit usaha. Dengan kata lain: bisniskan keahlianmu. Misalnya seorang dokter bisa membuka klinik, apotek atau rumah sakit.
3.   Gunakan waktu senggang untuk membangun bisnis.
4.  Gunakan sisa pendapatan untuk membangun aset & menginvestasikan hasilnya secara konsisten, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quotes of the Day

SETIAP ANAK ITU CERDAS PADA BIDANG TERTENTU. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI KEHEBATAN MASING-MASING. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI CARA BELAJAR YA...