Kamis, 29 Juni 2017

CIPTAKAN KEBIASAAN SUKSESMU




Siapa yang menciptakanmu? “Tuhan”. Siapa yang menciptakan  kesuksesanmu? Ayo, siapa yang tahu, berhadiah 1 black berry. He…  Apakah “Gurumu? Bukan. “Orang tuamu?” Bukan. “Dirimu sendiri”, juga bukan. “Lalu siapa dong?”

Yang menciptakan kesuksesanmu adalah kebiasaan suksesmu. “Ah ....” Kaget ya, dengan jawaban tersebut. Ok, boleh saya jelaskan?
Awalnya kamu yang menciptakan kebiasaan, akhirnya kebiasaan yang menciptakanmu. Contohnya gini, bangun pagi lalu joging itu adalah hal yang sulit dilakukan oleh sebagian besar orang. Tapi merupakan hal yang mudah bahkan otomatis (tidak perlu diupayakan) oleh sebagian yang lain. Mengapa bisa begitu? Karena sudah menjadi kebiasaan bagi mereka.
Jadi, jika kamu ingin mudah bangun pagi lalu joging, paksakan diri, entah dengan jam beker, minta diguyur dengan air atau cara lain yang menjadikanmu menderita atau menjadikanmu senang asal (missal dikasih hadiah) jika bisa bangun pagi lalu segera joging. Lakukan itu konsisten selama minimal 21 hari, maka pada hari ke-22 bangun pagi sudah tidak sulit bagimu. Sudah terjadi otomatis. Kenapa? Karena kamu sudah tercipta oleh kebiasaan yang kamu ciptakan. Makanya, ciptakan kebiasaan suksesmu agar ia nanti menciptakan kesuksesan bagimu.
Jika kamu ingin membangun kebiasaan sukses dengan mudah, pahami dan praktikkan 7 hukum kebiasaan berikut ini!

7 HUKUM KEBIASAAN
1.             Kebiasaan adalah serangkaian tindakan rutin yang berlangsung otomatis (bawah sadar) dan mendatangkan kenyamanan saat melakukannya.
Aksi apa pun yang kamu rutinkan akan menjadi kebiasaanmu. Pilih aksi yang positif (baik pengaruhnya), konstruktif (membangun kualitas diri), produktif (menghasilkan ilmu, teman, nilai ekonomi) untuk kamu rutinkan. Setelah semua itu menjadi rutinitasmu maka kamu akan nyaman sekali dalam menjalankannya.
2.             Kebiasaan mampu mengantarkanmu ke puncak kesuksesan atau ke lembah kegagalan.
Kebiasaanmu adalah kendaraan yang bisa kamu tunggangi untuk melaju ke kehidupan yang kamu idamkan. Pilih kendaraan berkecepatan tinggi dan pacu menuju ke arah yang tepat.
3.             Pada mulanya kamu dengan susah payah membentuk kebiasaan sampai pada akhirnya dengan sangat mudah kebiasaan itu membangun atau menghancurkan (hidup)mu.
Meski harus bersusah payah dalam mebangun kebiasaan suksesmu seperti rajin belajar mengembangan diri dan meningkatkan kompetensi. Terus lakukan! Sebab nanti kebiasaan yang sudah terbangun itu akan dengan mudah menciptakan kesuksesanmu.
4.             Kebiasaan terbentuk dari melakukan pembiasaan (pengulangan) selama 21 hari dan hanya bisa dirubah dengan menggantinya dengan kebiasaan baru. 
Jangan pernah menghentikan aksi-aksi positif, konstruktif dan produktifmu sebelum melakukannya selama 21 hari. Dan gantilah semua aksi negatif, destruktif dan yang tidak produktif dengan aksi-akasi baru yang menunjang keberhasilanmu di masa depan.
5.             Kebiasaan ditopang oleh 4 kaki: keyakinan, pola pikir, pola rasa dan tindakan berulang.
Dirikan kaki-kaki kebiasaan dengan membangun keyakinan yang terfokus, pola pikir yang positif, pola rasa yang powerful, dan tindakan yang konstruktif. Lakukan sekarang juga! Sebab kamu tidak ingin suksesmu tertunda kan?
6.             Kebiasaan yang sudah terbentuk hanya bisa dirubah dengan menggantikan ke-4 kaki penopangnya.
Jika kamu terperangkap dalam kebiasaan buruk yang melemparkanmu ke jurang kegagalan. Robohkan 4 kaki kebiasaan buruk itu dengan mengganti keyakinanmu, pola pikirmu, pola rasamu dan tindakanmu yang menopang kebiasaan buruk tersebut.
7.             Untuk menciptakan kebiasaan baru, tanyakan ulang “keyakinan-keyakinanmu. Tanyakan: “apakah sudah kondusif untuk menciptakan kehidupan yang kamu idamkan?” Chek kembali keyakinan-keyakinan yang kamu miliki seputar kesuksesan, kebahagiaan dan kekayaan hidup. Jika saat ini kamu belum berprestasi, tanyakan kembali keyakinan-keyakinanmu dan ciptakan keyakinan baru yang mendukung kesuksesanmu di masa depan.

Patuhi 7 hukum kebiasaan di atas, kamu pasti sukses dibuatnya. Tinggal tunggu waktu saja. See you at unlimited success.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quotes of the Day

SETIAP ANAK ITU CERDAS PADA BIDANG TERTENTU. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI KEHEBATAN MASING-MASING. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI CARA BELAJAR YA...