Selasa, 13 Juni 2017

Pekerjaan Apa yang Kamu Incar? #1





            Secara umum ada  4 jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih. Mana yang paling kamu idamkan? Pertama, bekerja sebagai karyawan atau pegawai negeri. Kedua, bekerja sebagai profesional. Ketiga, bekerja sebagai wirausaha. Keempat, bekerja sebagai investor. Yuk, kenali lebih akrab ke-4 jenis pilihan pekerjaan di atas!

1.    Karyawan atau Pegawai Negeri
       Untuk menjadi pegawai syarat pertamanya adalah memiliki ijazah, makin tinggi level pendidikannya makin besar gajinya. Syarat selanjutnya adalah memiliki kompetensi di bidangnya dan bisa bekerja dengan baik dalam tim.
       Pegawai memiliki penghasilan berupa gaji, honor atau bonus yang diterima tetap setiap bulan dengan jumlah yang tetap pula. Jika karena sakit atau halangan lainnya, maka jumlah gaji pun berkurang. Jika melakukan kesalahan kecil bisa mendapat hukuman dan jika melakukan kesalahan besar bisa berujung kepada PHK. Karyawan atau pegawai yang selamat tidak kena PHK, tetapi akan terkena pensiun, dimana gaji bulanan yang biasa diperoleh akan hilang, diganti dengan pesangon atau uang pensiun yang jumlahnya sudah sangat menyusut.
       Dengan kondisi penghasilan seperti di atas untuk bisa kaya sebagai pegawai akan sulit untuk diwujudkan karena 2 faktor:
1.      Jumlah penghasilan yang diperoleh memiliki batasan, yaitu tidak bisa lebih besar dari pemilik perusahaan (owner).
2.      Sifat penghasilan yang aktif, artinya hanya bisa diperoleh saat aktif bekerja (produktif). Jika sudah purna tugas (pensiun) tidak berpenghasilan lagi.
       Meskipun menjadi seorang pegawai atau karyawan umumnya susah untuk kaya, masih ada celah atau gang sempit yang bisa dilewati untuk menuju kehidupan yang kaya, yaitu:
 1.  Jadilah karyawan level top manajemen (menjadi direktur/CEO atau pegawai ekselon 1).
2.      Hiduplah dibawah gaji (hidup sederhana saja), sehingga terdapat selisih pendapatan yang besar.
3.      Gunakan selisih pendapatan tersebut untuk membangun bisnis yang dikerjakan orang lain, membeli properti untuk disewakan atau membeli aset kertas (reksadana, obligasi dan saham), emas, barang seni dan berbagai bentuk aset lainnya.
4.      Dengan kompetensi sesuai bidangnya, ciptakan aset inteletual seperti menulis buku, lagu, menciptakan tari, metode/teknologi untuk dipatenkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quotes of the Day

SETIAP ANAK ITU CERDAS PADA BIDANG TERTENTU. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI KEHEBATAN MASING-MASING. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI CARA BELAJAR YA...