Minggu, 18 Juni 2017

Enak Mana: Sedekah, Menabung, atau Berdagang?




Ketiganya sama-sama enak, hanya beda rasa. Maksudnya Pak? Ketiganya sama-sama memberikan manfaat yang besar, jika kamu melakukannya hanya beda tujuannya.

Sisihkan di muka 5% dari uang sakumu untuk disedekahkan? Kamu bebas memberikannya dalam bentuk apa pun atau kepada siapa pun. Yang penting adalah tepat sasaran: berikan kepada yang membutuhkan uangmu untuk menjaga kelangsungan hidup mereka seperti anak-anak panti atau korban bencana alam. Mengapa kamu harus melakukannya? Sebagai ungkapan syukur telah mendapatkan rezeki (kesehatan, uang jajan dan lain lain) maka kamu berbagi kepada mereka yang tidak seberuntung kamu. Hal ini akan mendatangkan tambahan rezeki dan keselamatan hidup.
Selanjutnya, kamu juga harus menyisihkan sebagian uang sakumu, sebesar 10% untuk disimpan. Untuk apa? Untuk memenuhi kebutuhan mendadak yang tidak pernah kamu duga seperti untuk membeli buah atau makanan saat menengok teman yang sedang sakit atau memenuhi kebutuhanmu di masa depan seperti kamu ingin membeli motor untuk kuliah nanti tapi belum mempunyai uang. Inilah yang disebut dengan menabung.
Berikutnya, sisihkan 15% untuk membeli barang yang bisa kamu jual kembali. Sebaiknya kamu tambahkan sesuatu yang unik pada barang tersebut sehingga akan laris manis jika dijual dengan harga yang mahal. Memberikan nilai tambah pada suatu produk. Inilah yang disebut dengan berdagang. Tujuannya adalah melatih mental dan skillmu dalam menghasilkan uang sehingga kamu bisa mandiri dan tidak tergantung lagi kepada orang tua dalam memenuhi kebutuhan hidup.
Lalu sisanya, 70% bisa kamu habiskan untuk jajan atau memenuhi kebutuhan perutmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quotes of the Day

SETIAP ANAK ITU CERDAS PADA BIDANG TERTENTU. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI KEHEBATAN MASING-MASING. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI CARA BELAJAR YA...