Sabtu, 17 Juni 2017

Mencari Pekerjaan atau Berbisnis Ya?




Jawaban atas pertanyaan di atas adalah: “terserah loe”. Baik menjadi pegawai negeri atau karyawan, profesional atau pengusaha hanyalah kendaraan untuk mengantarmu ke tujuan hidup. Tujuan hidupmulah yang akan menentukan mau jadi pegawai, profesional, pengusaha atau investor. (Jangan kuatir, dalam hal begaimana merumuskan tujuan atau visi hidup secara smart akan dikupas pada bab 7). 

Jika kamu ingin mengabdi kepada negara di bidang yang kau kuasai dengan baik, jadilah pegawai negeri atau karyawan swasta. Jika kamu lebih memilih kebebasan dan kemandirian dalam berkarir jadilah profesional. Jika kamu ingin membantu banyak orang mendapatkan pekerjaan jadilah pengusaha. Jika kamu ingin uangmu bermanfaat besar bagi perekonomian suatu bangsa jadilah investor. Sekali lagi: “up to you”.
Disamping tujuan hidup sebagai penentu pilihan karirmu, pastikan jenis pekerjaan apa pun kamu gunakan sebagai sarana untuk belajar mengembangkan diri dan kompetensi bukan untuk mencari uang. “Lho, gak salah tuh Pak? Dimana-mana kerja itu ya untuk nyari uang”.
Mereka yang bekerja untuk mencari uang adalah kelompok mayoritas yang mempuyai tingkat kesejahteraan rata-rata (kaya nggak, miskin juga nggak).
Hanya ada segelintir orang yang kaya. Mereka bisa kaya karena terus tumbuh pribadi (karakter) dan kompetensinya sehingga bayaran yang mereka terima pun semakin tinggi, harga mereka semakin mahal. Sudah mengerti?
Terus kalau ingin kaya, jika tidak kerja gimana dong caranya? Bangun aset. Maksudnya? Ciptakan bisnis yang dikelola orang lain atau milikilah instrument investasi yang sudah disebutkan di atas. Sebab dengan cara itu, kamu tetap berpendapatan meski tidak bekerja. Pendapatan itu akan terus kamu terima meski sudah pensiun, bahkan bisa diwariskan sampai 7 turunan.
Dengan adanya aset tersebut kamu bekerja sebagai wujud syukur kepada-Nya (beribadah) dengan melakukan aktualisasi diri dan memberikan pelayanan kepada sesama, bukan uang lagi yang menjadi tujuan. Tetapi ibadah yang kamu lakukan. Asyik banget bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quotes of the Day

SETIAP ANAK ITU CERDAS PADA BIDANG TERTENTU. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI KEHEBATAN MASING-MASING. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI CARA BELAJAR YA...