Jumat, 16 Juni 2017

Apa Pekerjaan Yang Kamu Incar? #4




1.    Investor
       Apa syarat utama untuk menjadi seorang investor? Memiliki banyak uang. Salah. Memang betul seorang investor harus memiliki uang yang banyak untuk diinvestasikan. Tapi, jika ia tidak melek finansial alias bodoh dalam mengelola uangnya, maka ludeslah uangnya tanpa sisa, bahkan menyisakan utang. Jadi, syarat utama untuk menjadi seorang investor adalah memiliki pendidikan finansial yang memadai.
       Caranya? Investasikan dulu waktumu untuk belajar keuangan sebelum kamu menginvestasikan uangmu.

       Ada beragam instrumen investasi, diantaranya:
1.       Aset kertas: saham, obligasi, reksadana
2.      Properti: kos, ruko, rukan, apartemen, rumah walet.
3.      Logam mulia: emas
4.      Barang seni: lukisan, patung
5.      Aset intelektual: hak cipta, paten, merk
6.      Bisnis : waralaba, korporasi
Pengetahuan di atas belum bisa kamu praktikkan, tapi akan sangat bermanfaat nanti setelah kamu lulus dan terjun ke masyarakat. Sementara simpan dulu, sebab kelak akan kamu cari.

       Kesemua aset di atas memberikan pendapatan pasif kepada pemiliknya (investor) berupa dividen, bunga, kenaikan harga untuk aset kertas. Pendapatan sewa untuk properti. Kenaikan harga untuk logam mulia dan barang seni. Royalti untuk aset intelektual. Share profit untuk bisnis.
       Disebut pasif, karena aset-aset tersebut terus bekerja memberikan penghasilan kepada si investor tanpa batas waktu dan tempat. Sementara si investor tidak ikut bekerja. Dengan kata lain si investor mempekerjakan uangnya dengan membeli atau membangun aset-aset tersebut.
       Kondisi seperti inilah yang menjadikan investor bisa hidup kaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quotes of the Day

SETIAP ANAK ITU CERDAS PADA BIDANG TERTENTU. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI KEHEBATAN MASING-MASING. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI CARA BELAJAR YA...