Minggu, 09 Juli 2017

SUKSES BERBASIS POTENSI




A.      Formula Sukses Berbasis Potensi (SuBasi)?
Apa itu sukses? Silakan kamu bisa buka Kamus Besar Bahasa Indonesia atau tanya sama  Mbah Gogle. Jika pengin benar-benar jelas bisa baca buku ke-3 kami : UNLIMITED SUCCESS. Akan ada banyak jawaban tentang arti atau definisi tentang sukses. Tidak perlu diperdebatkan atau dicari definisi mana yang paling baik atau sempurna. Yang penting adalah dampak dari definisi tersebut.

Dalam bab ini, saya mengartikan sukses sebagai mencapai apa yang kamu inginkan. Kamu terus tumbuh dalam pencapaian tadi dalam beragam aspek: mental, emosional, spiritual, fisik (materi), dan sosial. Jadi ada 3 komponen yang membangun sebuah kesuksesan, yaitu:
1.   Pencapaian : keinginan tercapai
2.   Pertumbuhan : setelah tercapai, mampu mencapai hal yang lebih besar lagi, dan terus bergerak maju (meningkat).
3.   Multi aspek: sukses mental berupa kreatifitas, sukses emosional berupa suka cita, sukses spiritual berupa makna hidup, sukses materi berupa harta, jabatan, popularitas, sukses social berupa kepeduliaan dan kedermawanan.
Lalu apa yang dimaksud dengan Sukses berBasis potensi atau SuBasi?
Sukses berbasis potensi adalah sebuah formula atau rumusan kesuksesan yang menjadikan potensi diri sebagai acuan atau dasar bagi terciptanya sebuah kesuksesan. Semua komponen yang berkontribusi bagi terciptanya sebuah kesuksesan harus selaras atau tidak bertentangan dengan potensi yang dimiliki. Potensi adalah konstantanya, sedangkan komponen lainnya adalah variabelnya. Konstanta tetap, variable berubah-rubah menyesuaikan diri.
           Apa hebat atau lebihnya formula SuBasi dibandingkan formula kesuksesan lainnya? Ada 3 keuntungan yang bisa kamu peroleh saat menggunakan formula SuBasi, yaitu:
1.      Kamu akan meraih sukses dengan lebih mudah
2.      Kamu akan meraih sukses dengan lebih cepat
3.      Kamu akan meraih sukses dengan lebih menyenangkan
Asyik bukan? Mari kita bahas lebih dalam ke-3 keuntungan tersebut!
1.      Meraih sukses dengan lebih mudah
Dengan mengenali potensi (kekuatan, gaya belajar, dominasi otak, kepribadian) seperti yang telah kamu lakukan pada bab 1, kamu  akan menetapkan cita-cita yang selaras dengan kemampuan terbaikmu. Akibatnya, dengan mudah kamu mencapai cita-cita tersebut, sebab kamu bisa menggunakan kemampuan terbaikmu (baca: keunggulanmu) di dalam upaya merealisasikannya.
2.      Meraih sukses dengan lebih cepat
Selarasnya cita-cita dengan potensimu, menjadikan kamu mampu meraihnya dengan lebih cepat dibandingkan temanmu yang tidak selaras antara potensi (kekuatan terbaik/keunggulan) dengan cita-citanya. Mengapa? Sebab mereka yang tidak selaras tidak menggunakan kemampuan terbaiknya dalam mewujudkan cita-citanya, melainkan kemampuan rata-rata atau di bawah rata-rata sehingga membutuhkan motivasi lebih kuat dan waktu yang lama.
3.      Meraih sukses dengan lebih menyenangkan
Dengan selarasnya cita-cita dengan potensi, perjalanan panjang dalam mewujudkannya akan menghadirkan kebahagiaan. Mengapa? Sebab dalam upaya meraih cita-citamu, kamu melakukan apa yang kamu senangi dan mudah kamu lakukan.
Jadi, dengan mengenali potensimu yang terdiri dari kekuatan (kemampuan terbaik, gaya belajar, dominasi otak dan tipe kepribadianmu) seperti yang sudah dibahas dalam bab 1, mulailah untuk menetapkan cita-cita yang selaras dengan kekuatanmu dan gunakanlah formula SuBasi agar perjalananmu meraih mimpi bisa mudah, cepat dan menyenangkan. Asyik bukan?
Yuk, sekarang kita salami lebih dalam komponen apa saja yang membentuk Kesuksesan berbasis potensi!
Ada 3 komponen utama pembentuk SuBasi, yaitu:
1.      Nilai diri, terdiri dari: potensi, visi dan aksi
2.      Motivasi
3.      Lingkungan
Ke-3 komponen di atas jika dirumuskan akan menjadi:

NILAI DIRI X MOTIVASI X LINGKUNGAN = SUKSES
NILAI DIRI = Potensi + Visi + Aksi
(Potensi + Visi + Aksi) X MOTIVASI X LINGKUNGAN = SUKSES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quotes of the Day

SETIAP ANAK ITU CERDAS PADA BIDANG TERTENTU. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI KEHEBATAN MASING-MASING. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI CARA BELAJAR YA...