Rabu, 05 Juli 2017

MAU KERJA KE MANA YA?




Ada 3 jawaban atas pertanyaan di atas. Yuk, kita telusuri!

a.      Berburu Pekerjaan
Simak baik-baik 5 tips berikut dan praktikkan agar kamu bisa sukses memburu pekerjaan impianmu!
1.   Kamu SMA, MA atau SMK?
Jika kamu SMK kamu lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan sebab kamu memiliki keterampilan nyata dibandingkan lulusan SMA atau MA. Banyak iklan lowongan kerja bisa kamu baca di koran, kantor pos, biro kerja di kampus, browsing di internet atau datangi dinas tenaga kerja setempat.
2. Punya keterampilan apa?
Komunikasikan dengan baik keterampilan yang kamu pelajari di sekolah: otomotif, bangunan, arsitektur, desain grafis, akuntansi atau otodidak kepada si pemberi kerja. Jika gak punya keterampilan, ke laut aja!
2.  Apa tujuanmu bekerja?
“Mencari uang?” Salah besar. Orang yang bekerja untuk mencari uang selamanya akan miskin. Bekerja itu harus ditujukan untuk memberikan pelayanan sebagai wujud ibadah kepada Tuhan dan untuk belajar mengembangkan mental, emosional, spiritual. Uang akan mengejarmu jika tujuannya tepat seperti di atas.
3.  Bekerja di bagian produksi atau penjualan?
Jika kamu mempunyai keterampilan dalam membuat suatu produk atau teknologi kamu pas jika masuk ke bagian produksi. Sedangkan jika kamu tidak mempunyai keterampilan teknis (umumnya lulusan SMA) kamu harus pintar dan berani menjual (menjadi sales)
4.  Jenjang karir pekerjaan?
Pastikan pekerjaan yang kamu lamar memberikan jenjang karir bagi yang berprestasi. Terbuka peluang untuk naik jabatan atau jenjang atas prestasi tertentu sehingga naik juga kesejahteraannya.

b.    Berwirausaha
Perhatikan dan praktikkan 6 hal berikut ini agar kamu bisa sukses berwirausaha!
1.         Modal
Modal utama untuk berwirausaha adalah kemampuan dalam mengantongi pembeli. Ya, jalinlah hubungan baik dengan banyak orang lalu penuhi kebutuhan mereka, akan banyak suplier (pemasok) produk dan investor yang siap memback up usahamu.
2.         Keterampilan
Keterampilan utama seorang entrepreneur adalah mengkomunikasikan manfaat riil suatu produk atau jasa bagi konsumennya. Asah terus kemampuan tersebut sejak dini.
3.         Pilihan produk/jasa
Jika kamu tidak mempunyai cukup uang, pilihlah usaha jasa, sebab kamu tidak perlu melakukan pembelian atau pengadaan produk, tinggal memasarkan keahlianmu.
4.         Market
Di dalam upaya untuk menguasai market atau pasar, jadilah yang pertama atau yang terbaik di pasar dalam pilihan bidang usaha atau produk.
5.         Soft skill
Kuasai keterampilan marketing, manajemen, dan leadership disamping penguasaan hard skill seperti produksi dan keuangan.
5.        Tim dan sistem
Setelah usaha berhasil kamu buka, kembangkanlah dengan membangun tim yang terdiri dari produksi (berhubungan dengan produk), marketing (bertugas untuk mencetak transaksi), finansial (berperan untuk melakukan pembukuan dan mengontrol cahflow) serta buat sistem yang mengatur cara kerja tim tersebut (sistem kontrol).

c.    Profesional
Ada jalur lain diluar karyawan dan wirausaha yang bisa kamu tempuh setelah lulus dan tidak melanjutkan kuliah, yaitu menjadi profesional. Profesional jika dirumuskan: pekerja lepas + mandiri + skill tinggi. Dengan 3 syarat di atas: pekerja lepas, mandiri, dan mempunyai skill tinggi kamu bisa menjadi seorang profesional.
Kamu bisa mengawali karir profesionalmu dengan menjadi:


1.      Pelatih
Jika kamu di sekolah unggul dalan bidang olahraga dan sering mewakili sekolah menjuarai berbagai turnamen olah raga tingkat propinsi atau nasional, maka kamu bisa menjadi pelatih olah raga di club-club tertentu. Dimikian pula jika kamu berprestasi dan mumpuni di bidang seni, kamu bisa membuka sanggar seni untuk seni rupa dan tari atau studio musik untuk seni musik.
2.      Artis
Pilihan berikutnya bagi kamu yang jago acting, kamu bisa menjadi artis sinetron atau film. Jago nyanyi dan sering mengikuti kompetisi nyanyi datangilah beberapa produser, siapa tahu kamu beruntung bisa jadi penyayi
3.   Penulis
Yang suka menulis tentang apa saja, fiksi maupun nonfiksi, kirimkan tulisanmu ke penerbit. Jika berhasil diterbitkan, maka kamu akan mendapatkan royalti dan jika best seller kamu bisa terkenal karena sering diundang menjadi pembicara seminar atau talkshow.
4.   Atlet
Pilihan berikutnya, kamu yang cinta mati dan berprestasi di bidang olah raga bisa menjeburkan diri secara total sebagai atlet nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quotes of the Day

SETIAP ANAK ITU CERDAS PADA BIDANG TERTENTU. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI KEHEBATAN MASING-MASING. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI CARA BELAJAR YA...