Minggu, 02 Juli 2017

JALAN MANA YANG HARUS KUPILIH?




        Jika memang kondisimu mendukung untuk kuliah atau kamu memutuskan untuk  kuliah, berikut ini saya berikan panduan dalam menentukan berbagai pilihan yang ada.


a.   Melanjutkan ke ikatan dinas atau umum?
        Apa yang kamu cita-citakan? Apakah setelah lulus nanti kamu ingin mendapatkan jaminan bekerja pada kedinasan tertentu atau meniti karir di perusahaan nasional, multinasional atau berkarir mandiri sebagai profesional. Jika pilhan pertama adalah jawabanmu, maka pilihlah perguruan tinggi yang menyelenggarakan ikatan dinas seperti STAN, STPDN, Akpol, Akmil dan sebagainya. Namun, jika Anda memilih yang kedua pilihlah universitas umum seperti UI, UGM, Undip dan sebagainya.
b.   Melanjutkan ke PTN atau PTS
Jika memang kamu tergolong pandai di sekolah, pilihlah yang PTN dengan reputasi baik seperti UI, UGM, ITB, Undip, IPB dan sebaginya. Namun, jika kamu gagal masuk ke PTN, pilihlah PTS yang punya prestasi bagus seperti Unissula di Semarang, UMM di malang dan sebagainya.
c.    Melanjutkan ke universitas, institut, sekolah tinggi, akademi, atau kursus non gelar.
Nah, kalau pilihan ini tergantung pada tujuan karirmu. Jika kamu ingin benar-benar menjadi pakar atau ahli yang spesifik dan bergelar sarjana pilihlah institut atau sekolah tinggi. Jika ingin menjadi ahli pelaksana dengan gelar Amd, pilihlah akademi. Jika kamu ingin menjadi genaeralis (tahu banyak tapi sedikit-dikikit, pilihlah universitas). Atau jika ingin segera bekerja tanpa gelar, pilihlah kursus non gelar. Up to you! “terserah kamu”.
d.   Memilih jurusan eksak, sosial, ekonomi, kependidikan atau nonkependidikan (murni)
        Jika kamu jurusan IPA dan baik nilainya ambil jurusan eksak seperti teknik, mipa, kedokteran dan sabagainya. Kalau kamu jurusan IPS ambil noneksak seperti ekonomi, sastra, fisip dan sebagainya. Atau kamu mau meloncat dari Ipa ke noneksak. Monggo, silakan! Ilmu murni kalau kamu ingin mumpuni atau keguruan kalau kamu ingin menjadi guru.

e.    Memilih jalur masuk
   Untuk bisa masuk ke PTN ada banyak jalur yang bisa kamu tempuh, diantaranya:
§  Jalur Undangan
               Bagi kamu yang punya nilai rata-rata bagus (diatas 8 pada pelajaran tertentu dari kelas 1 sampai 3) kamu bisa masuk PTN tanpa tes. Tinggal nyelonong saja.
§  SNMPTN
               Jika kamu punya nilai yang naik turun gunung di rapor, pakailah jalur ini, kalau kamu beruntung bisa masuk, kalau tidak harus lapang dada, lalu pilih PTS bereputasi baik atau kalau kamu masih ngotot ingin tetap masuk PTN kamu bisa pilih jalur Ujian Masuk (UM).
§  Ujian Masuk
               UM merupakan jalur masuk ke PTN dengan mengikuti tes lokal yang dilakukan mandiri oleh Perguruan Tinggi yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quotes of the Day

SETIAP ANAK ITU CERDAS PADA BIDANG TERTENTU. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI KEHEBATAN MASING-MASING. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI CARA BELAJAR YA...