Selasa, 04 Juli 2017

KULIAH HEPI, BAGAIMANA CARANYA?




       Saat kuliah nanti, kamu akan memiliki waktu luang lebih banyak jika dibandingkan saat kamu SMA. Akan kamu isi dengan aktivitas apa waktu luang itu menjadi penentu bagi kecerahan masa depanmu. Apakah mau kamu isi dengan pacaran, berorganisasi, bekerja paro waktu atau membangun bisnis dengan teman-temanmu. Tentunya, kamu bebas memilihnya, tapi tidak bebas dari konsekuensinya.
                   Yuk, kita kupas konsekuensi dari ke-4 pilihan di atas

a.   Pacaran
        Hati-hati lho, jika kamu pacaran saat kuliah. Kebebasan yang kamu peroleh begitu luasnya, hampir tak terbatas. Sebab pada umumnya kamu sudah kos dan terpisah dari orang tua. Jika pacaranmu gak sehat, kamu bisa mengalami pemilu (pernikahan hamil dulu).
b.   Berorganisasi
                 Berorganisasi minimal tingkat fakultas perlu kamu jalani. Sebab di dalam organisasi ada keterampilan-keterampilan yang tidak kamu peroleh di dalam mata kuliah, seperti praktik kepemimpinan, dan negosiasi. Mahasiswa yang aktif berorganisasi tanpa mengabaikan tugas utama untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu saat terjun ke masyarakat memiliki karir yang lebih cepat naik ketimbang mahasiswa yang studi oriented.
c.    Bekerja paro waktu
Bagi kamu yang punya duit pas-pasan bekerja paro waktu adalah pilihan yang ok untuk mengisi waktu luangmu. Gunakan waktu soremu untuk memberikan les privat, menjaga rental atau internet atau jenis pekerja lain yang bisa dilakukan setelah kuliah. Atau kamu juga bisa mengambil kelas sabtu minggu, sementara senin-jum’at dipakai full untuk bekerja. Dengan begitu saat lulus nanti, jabatan/posisimu naik kesejahteraan pun ikut naik.
d.   Membangun bisnis
Alternatif ke-4 dalam mengisi waktu luang adalah dengan membangun bisnis. Di lingkungan kampusmu banyak kebutuhan mahasiswa, dosen atau masyarakat sekitar yang bisa kamu penuhi dengan lebih baik seperti jasa fotokopi, rental komputer, internet, loundry dan sebagainya. Kuncinya bukan produk atas jasa yang kamu berikan, tapi bagiamana kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan lebih baik (misal harga lebih murah, produk lebih berkualitas, pelayanan lebih cepat dsb) yang menjadikan bisnismu langgeng dan menguntungakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quotes of the Day

SETIAP ANAK ITU CERDAS PADA BIDANG TERTENTU. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI KEHEBATAN MASING-MASING. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI CARA BELAJAR YA...