Jumat, 07 April 2017

Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Part 3





3.        Interaksi dengan Alam
Alam yang terhampar luas diciptakan Tuhan untuk dikelola bagi kesejahteraan seluruh manusia. Itulah tugasmu sebagai khalifah-Nya di bumi.
Untuk itu, bagaimana kamu bersikap dengan alam secara baik, perlu kamu ketahui dan terapkan. Lakukan 3 hal berikut ini!

1.      Jadikan Alam sebagai Guru
Jadikan alam sebagai tempat belajar. Jadikan ia sebagai sumber inspirasi, gudang solusi dan timbunan ide-ide kreatif yang menunggu untuk kamu gali.
Sebagian besar karya-karya saya terinspirasi dari alam (kejadian hidup pribadi dan orang lain yang saya refleksikan), berbagai prinsip dan strategi bisnis juga banyak yang saya ambil dari sifat dan hukum alam, seperti air, api, angin dan perilaku binatang.
2.      Pelihara Alam sebagai Amanat
Manusia diturunkan ke bumi sebagai khalifah-Nya diberikan tugas diantaranya untuk menjaga, merawat dan melestarikan alam bagi kelangsungan hidup manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya.
Tugas besar itu bisa kamu lakukan dengan merawat dan menjaga lingkungan rumah dan sekolahmu seperti menjaga kebersihan, merawat taman sekolah atau kebun di rumahmu.
3.      Gunakan Alam sebagai Fasilitas
Usaha pelestarian yang telah kamu lakukan, akan memberikan efek timbal balik yang menguntungkan bagimu. Alam akan merespon dengan memberikan udara segar yang baik bagi kesehatanmu. Alam akan menyediakan berbagai sumber pangan, obat-obatan, tempat rekreasi yang mengasyikkan dan berbagai nikmat lainnya.
Namun sebaliknya, pemanfaatan alam yang berlebihan (eksploitasi), dengan mengabaikan kelestariannya akan melahirkan efek negatif yang mencelakaimu seperti banjir, tanah longsor, gempa, polusi udara, tanah, air dan berbagai bencana alam yang sering merenggut banyak nyawa. Bijaklah dalam memanfaatkan alam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quotes of the Day

SETIAP ANAK ITU CERDAS PADA BIDANG TERTENTU. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI KEHEBATAN MASING-MASING. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI CARA BELAJAR YA...