Kamis, 06 April 2017

Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Part 2





1.        Berinteraksi dengan Orang
Orang yang sering berinteraksi denganmu di sebut teman. Ada 2 jenis teman dimana kamu terus berinteraksi dengan mereka setiap harinya, yaitu teman gaib, yang ada di dalam dirimu dan teman kasat mata yang berada di luar dirimu. “Hah, maksudnya apa? Aku bingung nih Pak”. Teruskan membacanya, sebentar lagi akan sirna kebingunganmu
 
A.  Teman Gaib
Mereka adalah yang selalu menemanimu dan tidak pernah meninggalkanmu barang sedetikpun karena dimana ada kamu, disitu juga ada mereka. Ayo tambah bingung kan?
Mereka adalah pikiranmu, perasaanmu, perkataanmu, perbuatanmu, dan kebiasaanmu. Apakah kamu bisa melepaskan diri, sembunyi di suatu tempat untuk melepaskan diri dari mereka? “Tidak bisa kan?”
Oleh karena itu jadikan mereka teman baikmu yang selalu membantumu. Caranya?
1.         Jadikan pikiran agar tetap positif
2.         Buat perasaan agar tetap powerful
3.         Lantunkan perkataan penuh syukur
4.         Lakukan perbuatan baik dan produktif
5.         Bangun kebiasaan yang efektif

B.       Teman Kasat Mata
Ada 3 teman kasat mata yang kamu miliki. Berbeda dengan teman gaib yang tidak bisa kamu lepaskan, teman kasat mata ini bisa kamu hindari atau dekati. Mereka adalah orang, uang dan buku.
Untuk bisa mendapatkan manfaat yang besar dari mereka, kamu wajib menguasai seni bergaul dengan mereka. Mau tahu? Berikut ini saya bocorkan rahasianya.

1.   Orang
Saat ini kamu sedang berada disamping bintang pujaanmu, sebut saja Ariel Noah. Lalu aku foto, “jepret”. Setelah jadi, aku tunjukkan gambarnya kepadamu. “Foto siapa yang kamu lihat terlebih dulu?” Kalau kamu jujur, pasti fotomu yang kamu lihat dulu, meski disampingmu ada gambar Ariel.
Ini menandakan bahwa orang pada dasarnya hanya tertarik pada dirinya sendiri. Dengan memahami kecenderungan ini, maka seni bergaul dengan orang adalah:
Tertariklah dengan tulus dan sungguh-sungguh kepada kawan bicaramu, maka ia akan tertarik denganmu dan terbuka untuk kamu pengaruhi.

Tapi ingat ya, harus tulus dan sungguh-sungguh tertariknya.

2.    Uang
Sama seperti orang, bergaul dengan uang pun ada seninya. Hal ini sering saya sampaikan dalam talkshow mingguan saya di Sindotrijaya Semarang dalam program Sindofinance.
Berikut ini seni bergaul dengan uang:
1.    Uang yang dikonsumsi akan habis
2.    Uang yang ditabung akan aman
3.    Uang yang diinvestasikan akan bertambah
4.    Uang yang disedekahkan akan menyelamatkan
Perlakuan mana yang sering kamu berikan pada uang sakumu: dikonsumsi, ditabung, diinvestasikan atau disedekahkan?

3.    Buku
            Masih ingat cerita si mahasiswa malang di atas? Sebagai seorang mahasiswa yang DO 2 kali, terbuang dari keluarga 11 bulan dan menganggur. Siapa yang mau berteman dengannya? Kamu pun tentu akan berpikir 1000 kali jika diminta untuk menjadi temannya waktu itu? Ya, tidak ada orang dan uang yang mau menjadi temannya saat itu.
            Alhamdulillah, masih ada yang mau menemaninya, menyemangatinya. Kamu tahu siapa mereka? Mereka adalah tumpukan buku di perpustakaan.
            Buku berperan sangat besar dalam membalikkan hidupku: dari orang buangan menjadi pribadi yang dicari. Sudah 1000 buku lebih tentang motivasi, bisnis, keuangan, spiritual, leadership, marketing, otak dan strategi belajar yang telah aku baca sampai saat ini. Hasilnya, kamu tahu sendiri siapa Edi Susanto sekarang (maaf, sombong dikit ya, he…). Alhamdulillah, terimakasih Tuhan, thanks God atas segala hikmah, nikmat dan kasih sayang-Mu.
            Bagaimana seni bergaul dengan buku. Baca dong, gitu aja kok repot. Jika kamu gila baca, bacalah ke-7 kategori buku yang saya baca diatas, tentunya tanpa meninggalkan buku pelajaran sekolah. Setelah itu refleksikan isinya dengan kehidupanmu.
Jika kamu tidak suka baca seperti aku (jujur lho, aku malas banget kalo disuruh baca), maka perbanyak frekuensi bacanya. Saat mengantri di loket PLN, baca! Saat mengantri di ruang tunggu dokter, baca! Dalam perjalanan naik kereta atau bus, baca! Bahkan sampai nongkrong di WC pun baca. Jadi, jika dalam satu hari di sela-sela kegiatanmu, meski cuman 10 menit kamu bisa baca sampai 10 kali lebih, maka dalam sehari kamu sudah bisa membaca 100 menit alias 1 jam 40 menit. Lumayan kan bagi yang malas baca. Itulah yang aku lakukan sampai sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quotes of the Day

SETIAP ANAK ITU CERDAS PADA BIDANG TERTENTU. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI KEHEBATAN MASING-MASING. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI CARA BELAJAR YA...