Rabu, 05 April 2017

MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PART 1




Kecerdasan spiritual lahir dari respon yang diberikan pada setiap kejadian atau peristiwa hidup, baik manis maupun pahit. Kejadian hidup itu lahir dari berbagai bentuk interaksi. Nah, untuk meningkatkan kecerdasan spiritualmu, berarti kamu harus rajin berinteraksi dan pandai dalam memberikan respon. Jadi, kuncinya adalah berinteraksilah dengan penuh kedewasaan.
Mengapa interaksi itu penting? Sebagai makhluk sosial, kamu tidak bisa lepas dari interaksi dalam memenuhi kebutuhanmu. Sebab tidak ada satu kebutuhanpun yang bisa kamu penuhi tanpa melibatkan orang lain.
Dalam keseharianmu, kamu mengalami 3 bentuk interaksi, yaitu interaksi dengan Tuhan, dengan sesama manusia dan interaksi dengan alam.
Memahami dengan benar dan melakukan ke-3 bentuk interaksi tersebut mampu meningkatkan kecerdasan spiritualmu. Ayo, siapa yang mau kecerdasan spiritualnya meningkat? Pahami dan praktikkan 3 hal berikut ini!

1.        Berinteraksi dengan Tuhan
Ada 2 bentuk keterhubunganmu dengan Tuhan, yaitu berhubungan secara lahir (terlihat) dengan melakukan ritual keagamaan, disebut contact dan berhubungan batin (tidak terlihat) dengan membaca setiap pesan Tuhan dalam fenomena alam, sosial dan kejadian hidup sehari-hari untuk mengambil hikmahnya, memahami hakikatnya sehingga mampu untuk mengharmoniskan sikap dan tindakan dengan kehendak Tuhan. Keterhubungan jenis ini disebut connect. Agak berat ya pengertiannya? Jangan kuatir, berikut ini saya jelaskan, simak baik-baik ya!
A.    Contact dengan Tuhan
Sebagai pemeluk agama yang baik, kamu wajib melakukan syariat agamamu masing-masing. Yang islam menjalankan shalat, puasa, zakat, haji dan sebagainya. Yang kristen dan katholik melakukan kebaktian ke gereja. Yang Hindu, Budha dan Konghuchu melakukan persembahyangan ke Pura, Wihara dan Klenteng.
Dalam hal contact, setiap agama memiliki tatacara peribadatan sendiri yang berbeda satu dengan yang lain. Itulah keragaman, suatu rahmat yang dikehendaki Tuhan. Oleh karena itu pemeluknya harus saling menghormati penuh toleransi.

B.     Connect dengan Tuhan
     Berbeda dengan contact yang mengacu pada fisik: ritual keagamaan yang berbeda, connect mengacu pada spiritual keagamaan yang sama dalam setiap agama. Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam setiap ritual keagamaan harus kamu pahami, hayati dan aplikasikan dalam interaksi sehari-hari di masyarakat. Nilai-nilai luhur itu seperti kasih sayang, berserah diri kepada Ilahi, menahan diri, dan bersikap adil.
     Spiritual inilah yang menjadi perekat anatarumat beragama untuk saling bersinergi dalam kemaslahatan bersama.
     Nah, sekarang sudah mengerti kan? Tinggal dipraktikkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quotes of the Day

SETIAP ANAK ITU CERDAS PADA BIDANG TERTENTU. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI KEHEBATAN MASING-MASING. SETIAP ANAK ITU MEMILIKI CARA BELAJAR YA...